Kenapa Sih Kita Harus Melek Hukum?

Posted on Feb 03, 2020 20:59 PM

Ilustrasi dari www.linggaupos.co.id

Akhir-akhir ini mungkin kita sering dengar kata-kata “melek hukum”. Entah dari acara debat di televisi, radio, bahkan media sosial sering bersliweran kata melek hukum. Sebenernya apa sih melek hukum? Lalu apa aja keuntungannya kalo kita bisa melek hukum? Simak ulasan ini ya.

Melek hukum itu berarti kita harus sadar dengan aturan yang ada disekitar kita, bukan berarti kita harus hafal peraturan undang-undang dengan buku-bukunya yang tebel itu lho ya. Yang terpenting kita jadi gak buta dengan aturan yang ada apalagi nanti jika kita terpengaruh dengan hukum yang eksis disekitar kita.

Keuntungan Melek Hukum

Lalu apa sih keuntungan melek hukum buat kita? Apa hanya cukup tau aja? Ya nggak dong. Setidaknya ada beberapa keuntungan kalo kita melek sama yang namanya hukum. Ini dia keuntungan kalo kita melek hukum.

1. Menjadi warga negara yang baik

Kalo yang tercantum di UUD 1945 Indonesia adalah negara hukum, dimana segala sendi yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dipengaruhi oleh hukum yang mengikat pada setiap warga negaranya. Dari unsur terkecil seperti keluarga sampe hal-hal yang besar kayak politik elit-elit diatas sana disitu pasti ada yang namanya hukum. Jadi belum bisa disebut warga negara yang baik dong kalo kita gatau yang namanya hukum.

2. Menjadi tahu maksud diterapkannya suatu aturan

Nah ini yang sering jadi permasalahan dikalangan-kalangan muda kayak kita. Kadang-kadang kalo ada aturan baru langsung banyak pro dan kontra yang berlebihan, padahal belum tentu yang pro dan kontra itu tau maksud dari aturan yang diterapkan. Kadang kita lupa kalo hukum itu juga harus dilihat sudut pandang yang membuat aturan itu dari segi dampak positif dan negatifnya perlu dipertimbangkan. Jadi biar kita gak asal untuk pro dan kontra sama aturan yang telah diterapkan.

3. Melaporkan pelanggaran yang bisa merugikan kamu

Salah satu keuntungan kita melek hukum adalah kalo ada orang yang ngejahatin kita dan itu melanggar aturan hukum kita bisa melaporkannya ke pihak yang berwenang misalnya polisi. Coba kalo kita gatau apa yang dilanggar, bisa-bisa kita gak berdaya dong dijahatin orang lain.

4. Jadi tahu hak kita kalo kita lagi kena permasalahan hukum

Coba bayangkan kalo kita atau orang kesayangan kita tiba-tiba kena masalah hukum, kalo kita gak melek sama hukum mau gimana kita? Diem aja gak berkutik? Tentu aja beda kalo kita melek sama hukum. Kita jadi tahu hak-hak kita misal mendapatkan bantuan hukum dari negara maupun swasta seperti pengacara dan lain-lain. Jadi kita gak cuma diem aja kalo kita kena masalah hukum, semisal kita bersalah pun hukumannya gak lebih berat dengan kesalahanmu alias sesuai.

Nah itu dia keuntungan kalo kita melek hukum, lumayankan manfaatnya. Seenggaknya dengan sadar pada aturan-aturan yang eksis disekitar kita, kita bisa membantu orang-orang disekeliling kita atau bahkan orang yang kita sayangi agar terhindar dari hal-hal yang merugikan. Jadi bukan hanya sarjana hukum aja yang harus tau dan melek sama hukum orang-orang kayak kita harus dong mau dari profesi apapun kayak dokter, insinyur, sopir bis, asisten rumah tangga, sampe kaum rebahan yang kerjaannya guling-guling dikosan. Karna hukum itu berlaku bagi semua orang, baik dia tahu atau enggak semua dianggap tahu. Sekian bahasan kali ini. Terimakasih.






Loading...

To get more updates information and news from us. Please subscribe your email.